Home » » Mengobati Sakit Pada Gusi Secara Alami

Mengobati Sakit Pada Gusi Secara Alami

Written By Unknown on Thursday, December 19, 2013 | 8:19 PM


Kadang gusi terasa ada sesuatu yang membuat kita risih jika sedang makan. Atau bahkan terasa sakit hingga membuat kita tidak ingin makan sesuatu karena rasa sakit tak tertahankan jika kita mengunyah makanan. Hal tersebut dikarenakan oleh ada yang bengkak pada gusi kita. Bengkak pada gusi dimulai dengan warna merah melingkar pada gusi yang menyebabkan gusi berdarah saat kita menggosok gigi. Bengkak pada gusi dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain bakteri yang menjadi karang gigi.

Bakteri yang menyebabkan gigi bengkak adalah bakteri yang terbawa oleh makanan dan karena kita jarang merawat atau menggosok gigi maka bakteri tersebut masuk ke dalam gusi, karena sistem pertahanan tubuh kita merespon adanya gangguan oleh bakteri pada gusi maka yang dilakukan oleh sel darah putih adalah melawan bakteri tersebut. Sel darah putih yang mati dan tidak dapat berfungsi lagi menjadi nanah pada gusi yang menyebabkan gusi bengkak.

Terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat kesembuhan pada gusi yang bengkak. Namun tentunya kita memilih melakukannya di rumah dan tidak mengeluarkan biaya jika dibandingkan kita harus ke dokter dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Kita dapat melakukan pengobatan alami dengan menggunakan bahan alami yang tentunya mudah untuk didapat. Beberapa cara pengobatan pada gusi yang bengkak antara lain:

  1. Air garam hangat. Larutan garam dapat mengurangi bengkak pada gusi. Larutan garam dapat mengeluarkan nanah pada luka bengkak yang membuat gusi terasa sakit. Berkumur dengan larutan garam dua kali sehari mempercepat proses kesembuhan luka pada gusi.
  2. Minyak Cengkeh. Minyak cengkeh dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi dan sakit pada gusi. Usapkan pada gusi tiga kali sehari agar gusi cepat sembuh.
  3. Lemon dan Air hangat. Kumurlah dengan perasan lemon sehari dua kali agar bengkak pada gusi cepat sembuh.
  4. Air putih. Berkumur dengan air putih dapat mencegah mulut anda kering. Karena gusi yang bengkak menyebabkan kita kekurangan air liur. Selain itu air putih dapat membersihkan gigi dan gusi dari bakteri.
  5. Kulit Andong. Bersihkan kulit tanaman andong dengan air hingga bersih benar dari kotoran yang menempel. Lalu kikislah/kunyahlah kulit tanaman andong dan tambahkan garam. Hasil kunyahan kulit tanaman andong tadi masukkan ke bagian gusi yang sakit atau bengkak.
Dari pengalaman kita yang pernah mengalami sakit pada gusi, tentunya kita tidak mau terjadi lagi pada gusi kita. Untuk itu kita perlu mencegah terjadinya gusi bengkak pada gusi kita. Berikut cara untuk mencegah terjadinya bengkak pada gusi :

  1. Sikat gigi secara teratur. Sikat gigi teratur dapat mencegah menempelnya sisa-sisa makanan dan bakteri pada gusi.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat. Salah satu hal yang menyebabkan gusi bengkak adalah tubuh kekurangan vitamin C. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat dapat mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh yang dapat memperkuat ketahanan tubuh terhadap bakteri.
  3. Berkumur dengan obat kumur. Berkumur dengan obat kumur sebelum tidur dapat mencegah masuknya bakteri yang masih menempel pada gusi. Karena saat kita tidur adalah saat dimana bakteri berktivitas lebih.
 Menjaga kebersihan mulut kita dapat mencegah terjadinya sakit pada gusi kita. Karena jika gusi atau bagian dari mulut kita sakit membuat kita menjadi susah untuk makan. Dan jika sakit tak kunjung henti berobatlah ke dokter agar kesembuhan anda dapat terjamin.

Sekian informasi yang dapat disampaikan oleh penulis. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima Kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment