Home » » Mengatasi Nyeri Saat Haid/Datang Bulan [ Menstruasi ]

Mengatasi Nyeri Saat Haid/Datang Bulan [ Menstruasi ]

Written By Unknown on Saturday, December 14, 2013 | 6:50 PM

Menstruasi atau yang lebih sering disebut haid atau datang bulan merupakan perubahan fisiologis yang terjadi setiap bulan pada wanita yang disebabkan oleh hormon reproduksi.


Saat wanita mendekati tanggal dapatnya menstruasi biasanya tubuh akan terasa tidak enak, selera makan bertambah, dan pembengkakan pada payudara serta tumbuhnya jerawat di wajah.


Saat hari pertama terjadinya menstruasi, akan terasa nyeri pada bagian perut bawah. Nyeri yang terjadi pada wanita saat haid berbeda-beda. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor makanan, faktor kondisi tubuh dan faktor keturunan.
Nyeri saat haid memang wajar dialami oleh wanita. Tetapi apabila nyeri tersebut dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi, itu akan sangat mengganggu aktivitas yang anda lakukan.

Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, anda dapat melakukan beberapa hal seperti :

1. Perbanyak zat besi



Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti hati ayam, bayam, kacang-kacangan. Hal tersebut bertujuan untuk menambah darah pada tubuh agar saat menstruasi tidak menyebakan anemia atau kekurangan darah.

2. Istirahat yang cukup

Hindari tidur terlalu malam, karena tubuh tidak dapat beristirahat lebih banyak. Saat haid perbanyak istirahat dan perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

3. Hindari minum minuman yang mengandung soda
Karena minuman soda dapat menyebabkan kembung pada perut, saat haid jangan minum minuman soda karena dapat meningkatkan rasa nyeri.

4. Jangan mengkonsumsi mie instan saat menstruasi. Mie instan mengandung kadar garam yang tinggi, yang menyebabkan tubuh akan terasa lebih bengkak.

5. Susu

Konsumsi banyak susu dapat mengurangi rasa nyeri saat haid, karena susu mengandung kalsium yang tinggi. Tetapi susu yang diminum saat haid jangan yang susu full cream, karena susu full cream banyak mengandung lemak jenuh yang menyababkan kram pada perut saat haid.

6. Konsumsi Dark Chocolate

Di dalam dark chocolate mengandung cacao yang dapat meningkatkan hormon seretonin. Hormon seretonin yaitu hormon yang dapat meningkatkan rasa senang. Saat haid biasanya mood menjadi tidak baik, sehingga gampang emosi. Mengkonsumsi dark chocolate dapat meningkatkan rasa senang sehingga nyeri haid tidak begitu terasa. Cara mengkonsumsinya yaitu dijadikan minuman yang dapat menghangatkan dan membawa rasa nyaman serta rileks pada tubuh saat haid.

0 comments:

Post a Comment