Home » » Bahaya Komputer yang Sering Mati

Bahaya Komputer yang Sering Mati

Written By Unknown on Saturday, December 14, 2013 | 3:42 PM

Mungkin anda sering mengalami kejadian mati lampu tanpa anda sadari sebelumnya di saat anda sedang bekerja dengan komputer atau laptop. Bagi anda yang sedang menggunakan laptop pada saat mati lampu mungkin laptop anda tetap akan menyala untuk beberapa saat sebelum anda mematikannya. Namun bagi anda yang sedang menggunakan komputer pada saat mati lampu maka komputer anda akan langsung mati. Pada saat komputer anda mati, slider dan head akan berhenti pada piringan harddisk anda yang menjadikan area dimana head berhenti tersebut menjadi titik bad sector.


Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik perangkat keras yang mengalami kerusakan sehingga tidak digunakan lagi. Tanda bad sector biasanya dibuat pad saat memformat perangkat keras dan oleh program diagnosa.(Wikipedia)

Dari pengertian tersebut bad sector membuat harddisk dimana area yang terdapat bad sector tidak dapat dibaca dan digunakan kembali. Bad sector dapat menyebabkan komputer atau laptop anda tidak berfungsi secara penuh, kegagalan pada sistem operasi, kehilangan data-data penting dan multimedia atau kegiatan bermain game akan terhenti sebagai akibat dari adanya bad sector pada harddisk anda.

Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya bad sector pada harddisk antara lain :
  1. Mematikan komputer secara tidak normal. Mematikan komputer secara tidak normal adalah ketika anda hendak mematikan komputer, anda menekan tombol power pada saat komputer anda masih dalam keadaan menyala dan bukan melalui proses shutdown pada sistem operasi yang anda gunakan.
  2. Mati lampu saat komputer masih menyala. Pada saat mati lampu maka komputer anda akan langsung mati karena kehilangan arus listrik.
  3. Jarang maintenance. Jika anda jarang maintenance maka komputer anda akan terhambat proses pembacaan pada harddisk anda dan mengakibatkan penurunan kinerja.
  4. Serangan virus. Virus dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi yang terkadang anda harus mematikan atau merestart paksa komputer anda karena sering hang.
  5. Umur harddisk. Harddisk yang cukup lama telah digunakan akan menurunkan kinerja dari harddisk itu sendiri.
  6. Tegangan listrik kurang stabil. Tegangan listrik yang kurang stabil dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk.
  7. Kesalahan pengguna. Harddisk akan mengalami kerusakan jika mengalami guncangan keras atau terkena air dan debu.
  8. Medan elektromagnetik.
Cara mengatasi agar harddisk anda bertahan lebih lama dan terhindar dari bad sector :
  1. Biasakan untuk mematikan komputer melalui proses shutdown yang benar.
  2. Gunakan UPS(Uninterruptible Power Supply). UPS dapat sedikit memberikan waktu untuk mematikan komputer dengan proses shutdown jika terjadi mati lampu pada saat anda sedang menggunkan komputer.
  3. Lakukanlah maintenance secara berkala seperti menggunakan tool disk defragmenter.
  4. Gunakanlah antivirus yang selalu update dan lakukanlah scanning secara berkala pada saat anda tidak sedang menggunakan komputer untuk keperluan.
  5. Backup dan ganti harddisk anda jika umur harddisk anda sudah terlalu tua.
  6. Jauhkan benda-benda yang menimbulkan elektromagnetik seperti speaker dan handphone dengan CPU anda.
Penjelasan mengenai bad sector ini terjadi pada harddisk konvensional(HDD) dan bukan pada Solid-State Drive(SSD).

Sekian informasi yang dapat disampaikan oleh penulis. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima Kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment