Home » » Krokot (Portulaca oleracea), Tanaman Liar Banyak Khasiat

Krokot (Portulaca oleracea), Tanaman Liar Banyak Khasiat

Written By Unknown on Thursday, November 28, 2013 | 9:55 PM

Krokot (Portulaca oleracea)

Krokot merupakan tanaman yang hanya ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan mempunyai empat musim, seperti Indonesia. Jenis krokot mencapai 40 sampai 100 spesies.

Di indonesia, kebanyakan krokot tumbuh dan hidup di sawah kering yang mempunyai cukup sinar matahari. Tanaman dianggap tanaman liar dan tanaman hama bagi orang yang tidak mengetahui manfaat dari krokot tersebut.

Tanaman krokot ini mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia, batang, daun, dan bunganya dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit. Salah satunya adalah obat untuk wanita yang mengalami pendarahan saat haid yang terlalu banyak.

Selain dapat mengurangi pendarahan saat haid, tanaman krokot ini juga bisa sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit kulit, gangguan pencernaan, diabetes melitus, menurunkan demam, dan masih banyal lagi khasiat lainnya.

Daun dari tanaman krokot mengandung Omega tiga Omega tiga yang merupakan lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat.
Cara penggunaan krokot untuk dikonsumsi sebagai obat yaitu dengan cara direbus lalu diminum air rebusannya, atau bisa juga krokot dikeringkan terlebih dahulu lalu dikonsumsi seperti teh.

Selain bermanfaat sebagai obat untuk tubuh, ternyata tumbuhan krokot ini juga bisa dijadikan minuman dan makanan. Tidak lama ini pelajar dari SMP Terbuka Tanjung, Brebes membuat sirup dan selai dari bahan tanaman krokot ini. Mereka membuktikan tanaman yang sering dianggap gulma ini dapat dijadikan minuman dan makanan yang enak.
Pembuatan selai dan sirup dari krokot ini sangat menguntungkan bagi banyak pihak, selain membantu petani untuk mengurangi gulma pada tanaman disawah, masyarakat yang ingin mengkonsumsi krokot untuk obat lebih dimudahkan untuk mengkonsumsi tanaman ini melalui sirup dan selai yang tentunya enak dimakan.

0 comments:

Post a Comment