Home » » Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Written By Unknown on Saturday, December 14, 2013 | 6:34 PM

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.(Wikipedia)







Mata merupakan sebuah anugerah sang pencipta agar kita dapat melihat betapa indahnya dunia ciptaannya. Hal yang patut untuk kita lakukan adalah menjaga agar mata kita tetap sehat demi menghargai dan mensyukuri atas anugerah yang diberikan kepada kita. Berikut Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat :

  1. Mengonsumsi sayuran yang mengandung Lutein seperti kangkung, lobak, dan selada. Lutein dapat membantu memperlambat degenerasi makula(penyebab utama kehilangan penglihatan dan kebutaan di Amerika) pada usia diatas enam puluhan.
  2. Menggunakan irisan timun sebagai penutup mata sembari anda tiduran. Timun mengandung cairan yang dapat membantu mata anda menjadi lebih segar.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung beta karoten. Beta karoten merupakan senyawa organik yang menghasilkan vitamin A mudah larut. Vitamin A merupakan vitamin yang dibutuhkan mata khususnya bagian retina untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan penglihatan.
  4. Ketika anda merasa gatal jangan menggaruk/mengucek mata anda karena hal tersebut dapat merusak retina anda.
  5. Istirahatkan mata sejenak setelah beraktifitas yang memberatkan mata anda seperti menonton televisi atau bekerja dengan komputer untuk mengurangi ketegangan otot mata.
  6. Lakukan tes mata secara rutin. Tes ini dilakukan sebagai tindakan preventif terhadap atas gangguan mata.
  7. Gunakan pelindung mata ketika anda beraktivitas dibawah terik matahari atau sedang berkendara agar terhindar dari debu.
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital, maka dari itu jagalah agar tetap sehat. Agar anda dapat melihat keindahan dunia dan orang-orang yang anda sayangi dengan jelas.

Sekian informasi yang dapat disampaikan oleh penulis. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima Kasih atas perhatiannya.

0 comments:

Post a Comment